Honda Masih Raja Motor Indonesia

Januari 29, 2009 pukul 3:44 am | Ditulis dalam Automotive | Tinggalkan komentar

honda-revo07Kalau kita amati secara seksama menyemutnya sepeda motor di sudut-sudut jalanan di berbagai kota di Tanah Air, akan diketahui bahwa mayoritas merek kuda Jepang itu adalah Honda. Alasan pilihan para penggunanya, selain mesin Honda terkenal bandel alias tidak gampang rusak, ia juga dikenal paling irit penggunaan bahan bakarnya.

Karena itu menjadi wajar jika motor Honda banyak disukai oleh masyarakat kita, sehingga ia tetap merajai pasar motor di Indonesia. Menurut data PT Astra Honda Motor (AHM), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia, hingga September 2008 produksi motor Honda mencapai 20 juta unit. Dan prestasi ini merupakan kali pertama yang dicapai oleh industri sepeda motor di Indonesia maupun regional ASEAN.

Fakta ini tidak berbeda jauh dengan hasil riset MARS Indonesia yang dimuat dalam “Indonesian Consumer Profile 2008”. Dalam riset yang dilakukan di 5 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan) tersebut terlihat jelas bahwa motor Honda paling dominan dimiliki oleh para pengguna kendaraan roda dua dengan total porsi 64,5%. Disusul kemudian Yamaha 23%, Suzuki 16,5%, Kawasaki 2,8%, Piaggio 2,7%, dan merek-merek lainnya di bawah 1%.

Honda meraih posisi tertinggi di Surabaya dengan perolehan 72,4%, sementara Yamaha terunggul di Jakarta dengan porsi 27,9%, Suzuki leading di Semarang dengan porsi 24,0%, Kawasaki terbanyak di Jakarta dengan porsi 4,5%, dan Piaggio terfavorit di Medan dengan porsi 4,9%.
tabel-motor-ya
Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, penjualan sepeda motor Indonesia seluruh merek selama periode Januari-November 2008 mencapai 5,813 juta unit. Sehingga target penjualan motor tahun 2008 sebesar 6 juta unit kemungkinan bakal tercapai.

Penjualan motor selama 11 bulan di 2008 ini juga mencatat penjualan tertinggi sepanjang sejarah pasar motor Indonesia. Sebelumnya penjualan tertinggi terjadi tahun 2005 sebanyak 5,089 juta unit.

Berikut penjualan motor terbesar hingga November 2008: Honda sebanyak 2,7 juta unit, Yamaha sebanyak 2,271 juta unit, Suzuki sebanyak 763,584 ribu unit, Kawasaki sebanyak 41.426 unit, dan lain-lain sebanyak 37.056 unit. Bagaimanapun juga Honda memang lebih unggul!

Nah, apakah dominasi Honda ini akan tetap berlanjut untuk tahun berikutnya, ataukah akan tergeser oleh para kompetitornya dengan inovasi produk dan strategi bisnis yang lebih kreatif yang dilakukan oleh mereka? Mari kita tunggu hasil riset MARS berikutnya!***

Tulisan ini dibuat untuk MARS Newsletter edisi 24 Tahun III, Januari 2009.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.